PIMPINAN ALKAP DPRD SRAGEN : PDIP Dominan, Gerindra Gigit Jari

Posted by Unknown on 04.52 with 1 comment

SRAGEN—Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai politik (parpol) dominan dalam komposisi pimpinan alat kelengkapan (Alkap) DPRD Sragen. Ironisnya, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (F.P. Gerindra) yang memiliki lima kursi di DPRD terpaksa harus gigit jari karena tak mendapat jatah kursi pimpinan Alkap.
Komposisi pimpinan Alkap diumumkan dalam rapat paripurna di DPRD setempat, Senin, 6 Oktober 2014 lalu. Tujuh kader FPDIP menempati posisi strategis dalam pimpinan Alkap, seperti komisi. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) menerima jatah tiga kurdi pimpinan Alkap dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) mendapat jatah dua kursi pimpinan Alkap.
Fraksi gabungan, seperti Fraksi Amanat Demokrat Persatuan [gabungan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)]  hanya mendapatkan jatah satu kursi pimpinan Alkap. Namun, sayang untuk FPGerindra gagal merebut kursi pimpinan Alkap.
Penentuan pimpinan Alkap dilakukan berdasarkan rapat musyawarah yang difasilitasi pimpinan DPRD Sragen. Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto, memimpin rapat pembentukan pimpinan Komisi I dan Badan Legislasi (Banleg). Wakil Ketua DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto memimpin rapat pembentukan pimpinan Komisi II dan Badan Kehormatan (BK). Sedangkan dua pimpinan DPRD lainnya, yakni Haryanto dari FPKB dan Dedy Endriyatno dari FPKS masing-masing memimpin rapat pembentukan pimpinan Komisi III dan IV.
Rapat berjalan cukup alot hingga ada sejumlah komisi yang menempuh jalur voting atau pemungutan suara terbanyak dalam menentukan pimpinan komisi. Ada tiga komisi yang menempuh mekanisme voting, yakni Komisi I, III, dan IV. (ok)

Komposisi Pimpinan DPRD Sragen (2014-1019)
Pimpinan DPRD
Nama Pimpinan
Unsur Fraksi
Ketua
Bambang Samekto
FPDIP
Wakil Ketua I
Bambang Widjo Purwanto
F. Partai Golkar
Wakil Ketua II
Haryanto
FPKB
Wakil Ketua III
Dedy Endriyatno
FPKS
Sumber: DPRD Kabupaten Sragen

Komposisi Pimpinan pada Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Sragen (2014-2019)
No
Alat Kelengkapan
Pimpinan
Nama Pimpinan
Unsur Parpol
1
Komisi I
Ketua
Suroto
PKB


Wakil Ketua
Inggus Subaryoto
P. Demokrat


Sekretaris
Joko Setiawan
PDIP
2
Komisi II
Ketua
Sri Pambudi
P. Golkar


Wakil Ketua
Suparno
PDIP


Sekretaris
Hartanto
PKS
3
Komisi III
Ketua
Sugiyarto
PDIP


Wakil Ketua
Husein Kusyaeni
PKB


Sekretaris
Suwoto
PDIP
4
Komisi IV
Ketua
Suharja
PDIP


Wakil Ketua
Heru Agus Santoso
P.Golkar


Sekretaris
Sutrisno
PDIP
5
Badan Kehormatan (BK)
Ketua
Tohar Ahmadi
P.Golkar


Wakil Ketua
Muslim
PKB
6
Badan Legeslasi (Banleg)
Ketua
Sigit Pramono
PDIP


Wakil Ketua
Anggoro Sutrisno
PKS

Sumber: DPRD Kabupaten Sragen 
Categories: , ,