KMP Dominasi Pimpinan Alkap DPRD Wonogiri

Posted by Unknown on 02.57 with No comments

WONOGIRI—Pimpinan di enam alat kelengkapan (Alkap) DPRD Kabupaten Wonogiri didominasi partai politik Koalisi Merah Putih (KMP). Keenam Alkap tersebut terdiri atas empat komisi, Badan Legislasi (Banleg) dan Badan Kehormatan (BK). Kedudukan pimpinan Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) masih ex officio pimpinan DPRD.
Dari 16 pimpinan Alkap yang terdiri atas ketua, wakil ketua, dan sekretaris, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) hanya mendapatkan empat pimpinan, yakni ketua Komisi III dan Komisi IV, Wakil Ketua Komisi I dan Wakil Ketua BK. Sebanyak 12 pimpinan lainnya direbut para kader parpol anggota KMP.
Koalisi Indonesia Hebat (KIH) bukan hanya PDIP, tapi masih ada dua parpol anggota KIH di DPRD Wonogiri. Sayangnya, dua parpol itu (Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa) bukan bergabung dengan FPDIP, tetapi membentuk fraksi gabungan dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi Fraksi Persatuan Kebangkitan Nasional (FPKN). Ironisnya Dangi Darmanto dari PPP yang dipilih menjadi Ketua FPKN.
Komposisi pimpinan Alkap tersebut diumumkan dalam forum resmi terbuka rapat paripurna DPRD Wonogiri yang digelar Sabtu (11/10). Menurut Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, penentuan pimpinan Alkap dilakukan dengan sistem muasyarakat mufakat. Sebelum rapat paripurna diadakan, tujuh pimpinan fraksi membuat nota kesepkatan pembagian kursi di alkap.(ok)

KOMPOSISI PIMPINAN ALAT KELENGKAPAN DPRD KABUPATEN WONOGIRI
NO
ALAT KELENGKAPAN
PIMPINAN
NAMA
UNSUR
1
Komisi I
Ketua
Sugeng Ahmadi
FPG


Wakil Ketua
Zaenudin
FPDIP


Sekretaris
Sriyanto
FPKS
2
Komisi II
Ketua
Tuharno
FPG


Wakil Ketua
Marhendi
FPD


Sekretaris
Dangi Darmanto
FPKN
3
Komisi III
Ketua
Bambang S.
FPDIP


Wakil Ketua
Sugiharno
FPGerindra


Sekretaris
Suhardono
FPG
4
Komisi IV
Ketua
Sriyono
FPDIP


Wakil Ketua
Tinggeng
FPD


Sekretaris
Sriyanto H.W.
FPGerindra
5
Badan Legislasi
Ketua
Jarmono
FPKS


Wakil Ketua
Budi Sudibyo
FPG
6
Badan Kehormatan
Ketua
Sardi
FPAN


Wakil Ketua
A.S. Joko Prayitno
FPDIP

Sumber: Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wonogiri/Solopos
Categories: ,